Profil

Madrasah Aliyah Baraka dulunya bernama PGA 4 tahun yang dikepalai oleh pak Sahlan BA. Sekitar tahun 1966 PGA 4 tahun terbagi PGA A dan PGAP, PGA A setingkat SMA/MA yang masih dikelai oleh Pak Sahlan, BA. sedangkan PGAP 3 tahun setingkat SMP/MTs yang dikepalai oleh Pak Achmad Duriadja.

Pada tahun 1980 barulah berganti nama menjadi Madrasah Aliyah Negeri Pare Filial Baraka yang dikepalai oleh Drs. Musllim Lili dan pada tahun 1993 barulah menjadi MAN Baraka dan masih dikepalai oleh beliau.

Beliau menjabat selama 10 tahun dan pada tahun 2000 beliau diganti oleh Drs. Achmad Deri. Kemudian pada tahun 2005 sampai sekarang dikepalai oleh Drs. Fakhri Abbas, M. Pd. Madrasah Aliyah Baraka merupakan satu-satunya Madrasah Aliyah Negeri di Kabupaten Enrekang.

Sejak berdirinya MAN Baraka sampai sekarang masih tetap mampu bertahan dan berkembang dalam bidang pendidikan demi tercapainya kualitas Sumber Daya Alam (SDA) yang berilmu pengetahuan dengan dasar keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa.


B. Identitas Madrasah

1. Nama Madrasah: MAN Enrekang

2. Nomor Statistik   : 213730620069

3. Provinsi                : Sulawesi Selatan

4. Kabupaten           : Enrekang

5. Kecamatan           : Baraka

6. Kelurahan             : Tominawa

7. Jalan dan Nomor : Pemuda 31 A

8. Kode Pos               : Kode Wilayah 53 No. 91735

9. Telpon                 : (0420) 2311694

10. Status Madrasah  : Negeri

11. Kelompok Madrasah : B

12. Akreditasi                    : A

13. Surat Keputusan    : SK. No. 244 Tanggal 7 Pebruari 1993

14. Tahun Berdiri          : 1993

15. Kegiatan Belajar Mengajar : Pagi hari

16. Jarak ke Pusat Kota Kabupaten : 30 km

17. Jumlah anggota KKM      : 10 Madrasah


C. Visi Misi MAN Enrekang

Visi:

–      Terwujudnya insan yang beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT, Unggul dalam prestasi, Tinggi dalam budi pekerti dengan berbudaya lingkungan.


Misi:

1.     Meningkatkan ketakwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa

2.     Meningkatkan prestasi akademik dan non akademik

3.     Meningkatkan Nilai UN

4.     Mengembangkan kreativitas anak

5.     Meningkatkan motivasi belajar siswa

6.     Menciptakan suasana belajar yang bersih dan sehat

7.     Menumbuhkan sikap dan karakter yang berbudaya lingkungan

8.     Meningkatkan K7 (Keamanan, Ketertiban,Kebersihan,  Keindahan,    Kekeluargaan, Kerindangan, dan Kesehatan)

9.     Meningkatkan tata krama personil

10.  Meningkatkan hubungan baik dengan dewan sekolah.